Kestabilan Politik

Ketidakstabilan politik di Indonesia dapat dilihat dari kesempatan yang tersedia bagi setiap pemerintah atau kabinet untuk menyelesaikan persoalan yang dihadapinya. Banyaknya demonstrasi, huru-hara, dan kekerasan politik menjadi bukti betapa rapuhnya kestabilan politik.

Ketidakstabilan politik disebabkan oleh belum melembaganya struktur dan prosedur politik yang mampu memberi tempat kepada masyarakat luas untuk mengambil bagian dalam sistem politik. Orang akan cepat setuju dengan pendapat yang mengatakan bahwa ketidakstabilan politik yang dialami oleh bangsa Indonesia memperkecil keleluasaan bagi negara ini untuk mengadakan perbaikan ekonomi, sosial, dan politik. Yang perlu dipersoalkan adalah stabilitas politik yang bagaimana yang akan diterapkan di Indonesia.

Stabilitas politik ditentukan oleh 3 variabel, diantaranya perkembangan ekonomi yang memadai, perkembangan pelembagaan (struktur dan proses politik), serta partisipasi politik. Dalam situasi “perkembangan ekonomi yang tidak diimbangi oleh perluasan partisipasi masyarakat, sukar diharapkan terpeliharanya kestabilan politik.

Di dalam pergantian sistem Demokrasi Konstitusional ke Demokrasi Terpimpin, sangat menonjol bahwa unsur pelembagaan prosedur politik sangat lemah. Belum melembaganya oposisi yang loyal, sistem berkompromi, dan bebasnya birokrasi dari pengaruh politik bersama-sama merupakan bahan untuk menuduh bahwa Demokrasi Konstitusional itu salah, yang kemudian diganti dengan Demokrasi Terpimpin.


Stabilitas politik perlu dibina, bukan hanya untuk menghindarkan sistem politik dari  pergantian pemerintah yang tidak wajar menurut konstitusi atau konsensus nasional, bukan juga untuk menjauhkan sistem politik dari revolusi dan kekerasan politik, melainkan untuk mendorong aspek positif dari stabilitas politik itu sendiri. Artinya, disamping mampu mampu melandasi perkembangan ekonomi, sistem politik hendaknya mampu membuka diri terhadap perubahan-perubahan yang tumbuh sejalan dengan pertumbuhan ekonomi.


Sumber :
Sistem Politik Indonesia "Kestabilan, Peta Kekuatan Politik, dan Pembangunan"
Karya : Drs. Arbi Sanit

Label: ,

0 komentar:

Posting Komentar


  • Web
  • Blog Anda
  • Visitors

    About Me

    Endraswari Eskamurti
    A public administration student of Sebelas Maret University
    Lihat profil lengkapku

    Blog Search

    Entri Populer

    Followers

    ...cursor

    Diberdayakan oleh Blogger.